Welcome, Guest
Username: Password: Remember me

TOPIC: Pengguna ZTE V9 light

Pengguna ZTE V9 light 3 years 6 months ago #61746

Halaman ini untuk pengguna ZTE V9 Light

Buat rekan-rekan pengguna dan calon pengguna ZTE V9 Light, silahkan absen disini, saya akan coba kasih review aplikasi dan game yang bisa dipakai disini. tapi sabar yaa karena dilakukan kalau ada waktu luang.

Review : diambil dari blog saya http://frans.web.id

Saat membuka kemasannya, penampilan handheld ini cukup bagus, finishing produk juga cukup bagus, bahkan penampilan luar cukup rapi karena semua slot “disimpan” didalam battery door. Hanya konektor charger dan handsfree yang diletakkan diluar. Sangat disayangkan, nilai lebih dalam desain produknya dikurangi dengan desain battery door lock yang menurut saya sangat rentan rusak jika harus sering dibuka. Pada saat membuka battery door, saya bisa melihat peletakan slot simcard dan microSD juga kurang tepat karena untuk menyisipkan simcard dan microSD, anda harus melepas baterai.

Pada saat menyalakan handheld, semua berjalan smooth, aplikasi yang terpasang di handheld ini masih sangat standart, untuk aplikasi pendukung seperti facebook, yahoo messenger, foursquare, dll anda bisa menginstallnya melalui market. Jika takut memory internal anda penuh, anda bisa memindahkan beberapa aplikasi tambahan ke memory eksternal. Yup, anda bisa memindahkan aplikasi ke memory eksternal pada kondisi standart, karena ZTE V9 light ini sudah terpasang OS Froyo. Saya memasangkan kartu 3 pada handheld ini, dan bisa langsung terbaca dengan baik, sayangnya saya harus mengatur apn secara manual agar bisa beroperasi dengan baik.

Email

Untuk email client, saya mencoba beberapa mail client, yaitu Gmail, email client bawaan handheld, dan K9 mail, sayangnya ketiga mail client tersebut kurang bisa mengakomodasi kebutuhan saya untuk menyimpan seluruh data email termasuk inbox kedalam memory eksternal. Akibatnya, setelah 7 jam, 3 account email dengan jumlah total sekitar 10.000 email, space di internal memory mulai menipis, bahkan sempat dibawah 5 MB. Saya belum menemukan aplikasi yang sepenuhnya bisa mengakomodasi kebutuhan saya untuk dapat menggantikan mail client di desktop atau laptop

Messenger

Untuk aplikasi messenger yang saya gunakan adalah Yahoo messenger yang ternyata bisa dihubungkan sekaligus dengan FBChat. Secara keseluruhan, aplikasi ini berjalan cukup sempurna bahkan meskipun fitur video chat belum sempat saya coba.

SocialNetworking

Aplikasi social networking yang saya pasang di handheld ini adalah facebook dan foursquare, keduanya berjalan cukup baik dan bahkan di aplikasi foursquare, lock lokasi berdasarkan GPS terasa cepat dibanding handheld utama saya.

Peta dan navigasi

Untuk aplikasi navigasi, saya menguji ZTE v9 light dengan aplikasi navigasi standart google map dan peta navigasi offline bernama SYGIC. Kedua aplikasi ini bisa berjalan dengan sempurna di handheld ini. Bahkan lock satelit GPS terasa cukup cepat. Untuk uji ketahanan baterai saat menggunakan GPS, saya belum mengujinya sampai “titik darah penghabisan” karena setelah diuji perjalanan selama 4 jam, baterai ZTE ini belum terkuras habis.

Konektifitas

Di handheld ini tersedia fitur usb tethered dan wifi tethered, yang artinya saya bisa menggunakan handheld ini sebagai modem USB maupun access point. Saya coba kedua koneksi ini dan cukup mudah, hanya tinggal mengaktifkan fitur tersebut, selanjutnya kita tinggal pakai saja.

Uji baterai

Untuk penggunaan baterai dengan mode “asal-asalan” alias semuanya aktif, wifi selalu search, mode GSM 3G/2G otomatis, pushmail 3 account aktif, ym, facebook, dan foursquare selalu on, GPS on, dan tanpa ada voice call, ternyata baterai bisa bertahan sekitar 18jam. Kondisi sinyal GSM dirumah saya 2G sekitar 1 – 3 bar.

Kelemahan

Ada beberapa kelemahan yang menurut saya cukup signifikan meskipun tidak vital bagi saya, yaitu :

- Processor masih 600MHz namun masih affordable melihat harganya
- Layar sentuh resistive, bagi beberapa orang ini merupakan masalah, tetapi bagi saya pribadi tidak menjadi masalah karena presisi layarnya cukup baik, hanya tidak bisa multitouch, namun dari pengalaman pemakaian tidak terlalu bermasalah
- Penempatan slot memory dan simcard yang harus melepas baterai menyebabkan saya harus mematikan handheld saat mengganti memory atau simcard
- Paket penjualan minimal, tanpa leather case dan screenguard yang menyebabkan saya harus bersusahpayah mencari kedua asesoris tersebut

Mix and match kebutuhan saya :

- Saya lebih pas pakai android tablet dibanding HP android karena saya lebih nyaman membaca email dan ebook dilayar 7″
- Untuk urusan BBM memaksa saya untuk tetap menggunakan BB
- Di android tablet saya masih bisa bekerja dengan nyaman menggunakan word processor dan spreadsheet gratisan di market.
- Opsi aplikasi cukup banyak
- Untuk pushmail, meskipun belum seandal BB tetapi sudah lebih dari cukup buat saya.
  • droidmania
  • droidmania's Avatar
  • OFFLINE
  • Junior Android
  • Posts: 20
  • Karma: 2

ZTE V9 light
CSL Mi 320
Last Edit: 3 years 6 months ago by droidmania.
The administrator has disabled public write access.

Re:Pengguna ZTE V9 light 3 years 6 months ago #61750

ROOTING DAN LINK2SD
diambil dari blog saya : frans.web.id

Salah satu kelemahan ZTE Light adalah kapasitas memori yang kecil, space untuk instalasi aplikasi yang tersedia hanya sekitar 130MB meskipun sebenarnya memiliki kapasitas 256. Sedangkan APP2SD bawaan Froyo sangat terbatas kemampuannya.

Untuk mengoptimalkan handheld ini, saya coba untuk melakukan Rooting dan memasang aplikasi Link2SD agar bisa lebih banyak menginstall aplikasi ke handheld ini.

ROOT Access

Setelah googling, saya menemukan aplikasi untuk rooting yang tersedia di Internet adalah :

- Universal Androot
- z4root
- SuperOneClick

Ketiga aplikasi ini sebenarnya memanfaatkan exploit yang kurang lebih sama. Sebelum saya membahas bagaimana melakukan rooting yang mudah, saya akan coba jelaskan bagaimana sebenarnya proses rooting di ketiga aplikasi tersebut.

Pada saat anda menjalankan aplikasi untuk rooting, aplikasi akan menjalankan satu aplikasi exploit (apa itu exploit?) untuk memperoleh akses SuperUser. Jika exploit berhasil menjalankan tugasnya, selanjutnya script akan menyalin 2 aplikasi,, yaitu superuser.apk dan su.apk. Kedua aplikasi ini berfungsi untuk memberikan hak akses SuperUser satu aplikasi.

exploit untuk root access yang beredar di internet setahu saya ada 3, rageagainsthecage, psneuter, dan yang paling baru adalah Gingerbreak yang konon exploit ini bisa menembus keamanan OS 2.3 (gingerbread).

Keuntungan anda mendapat akses root adalah : anda bisa mengakses ke file system dan bahkan memodifikasinya.

Kelemahan root access di handheld android anda adalah virus, malware, trojan, dll menjadi sangat mudah mendapat dan mengeksploitasi handheld anda.

So, keputusan untuk melakukan rooting tergantung anda.

Pada mulanya, saya gagal mendapatkan permanent root access dengan menggunakan z4root, sedangkan superoneclick dan universal androot gagal menembus keamanan ZTE light, bahkan exploit gingerbreak yang saya jalankan menggunakan adb shell juga tidak bisa. Semua uji coba tadi membawa saya ke ujung harapan :P . Setelah beberapa hari ditelan kesibukan pekerjaan, saya iseng coba googling dan menemukan bahwa ada hacker yang memodifikasi z4root untuk dapat menembus keamanan zte blade. Setelah baca-baca saya simpulkan dari sisi ROM dan hardware, ZTE Light dan ZTE Blade memiliki banyak kemiripan. Akhirnya saya coba untuk menerapkan cara yang ditulis oleh hacker tersebut. Secara teknis, langkah yang ditempuh tetap sama dengan langkah rooting z4root standart. hanya saja si hacker menambahkan beberapa langkah di kode z4root agar akses root tidak hilang saat direstart atau diwipe.untuk mendapat aplikasi tersebut, anda bisa download disini

langkah rooting z4root :

- extract file zip yang anda download dan copy ketiga file ke microSD handheld
- Install z4root dengan mengeksekusi file .apk-nya menggunakan file manager bawaan ZTE
- Jalankan aplikasi dan pilih permanent root
- Handheld akan restart dan voilaaaa…. handheld anda sudah rooted

LINK2SD

Setelah anda sukses melakukan rooting, langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi Link2SD. Pada dasarnya, aplikasi Link2SD ini akan mengubah partisi external memory anda menjadi tempat instalasi aplikasi. Cara ini lebih efektif karena hampir tidak menggunakan memory internal, kecuali ada beberapa file library yang harus disalin ke folder system.

Untuk menjalankan Link2SD, ada beberapa tahap yang harus dijalankan dan ada tool pembantu yang harus anda download. Langkah-langkah untuk menginstall Link2SD :

- Download dan install aplikasi untuk membuat partisi yaitu minitool partition wizard (freeware) disini

- Siapkan microSD berkapasitas minimal 2 GB dengan class minimal adalah class 4 meskipun demikian memory class 2 bisa anda pakai dengan catatan kecepatannya stabil, saat ini saya menggunakan microSD 8 GB class 2 merk visipro.
- Sambungkan handheld anda ke PC dengan kabel data dan mount sebagai USB Drive
- Jalankan minitool partition, jika external memory handheld anda sudah terbaca oleh minitool, pilih external memory anda dan resize partition FAT32 serta sisakan space kosong sesuai kebutuhan, dalam hal ini saya menggunakan space 1GB untuk tempat instalasi aplikasi.
- Buatlah partisi ext2 atau ext3 dan buat sebagai partisi primary, jangan sampai salah ke partisi logical karena Link2SD tidak akan bisa mengenali partisi tersebut. Jika sudah, klik tombol apply fan tunggu sampai minitool selesai menjalankan tugasnya.
- Matikan fungsi USB Drive.
- Buka google market, dan search aplikasi Link2SD.
- Install dan jalankan Link2SD, selanjutnya Link2SD akan mengenali partisi ext2 yang ada di microSD anda, jika ada permintaan approval root access dari aplikasi ini, pilih tombol allow dan Link2SD akan memasukkan script automount kedalam system dan akan meminta anda merestart handheld anda.
- Setelah merestart handheld, jalankan aplikasi link2SD, dan masuk ke menu setting untuk mengaktifkan fitur auto link, fitur ini berfungsi untuk mengotomatisasi pemindahan aplikasi ke microSD.

Nah sekarang ZTE anda akan memiliki ruang kosong yang cukup lega yang akan mengurangi kemungkinan lag pada saat mengakses aplikasi berat.
  • droidmania
  • droidmania's Avatar
  • OFFLINE
  • Junior Android
  • Posts: 20
  • Karma: 2

ZTE V9 light
CSL Mi 320
Last Edit: 3 years 6 months ago by droidmania.
The administrator has disabled public write access.

Re:Pengguna ZTE V9 light 3 years 6 months ago #61881

bro Frans, waktu download Z4root nya ke detect Exploit:Unix/Lotoor neh sama microsoft Security Essentials...ini ada masalah ga ya kalo tetap dijalankan pada zte v9 nya..
  • Paucin
  • Paucin's Avatar
  • OFFLINE
  • Fresh Android
  • Posts: 7
  • Karma: 0
The administrator has disabled public write access.

Re:Pengguna ZTE V9 light 3 years 6 months ago #61987

seperti yang saya jelaskan diatas, pada prinsipnya, proses rooting emang menggunakan exploit untuk hacking root access, jadi kalau kedetek sebagai exploit ya wajar. selama saya pake gak masalah sih, di handheld saya install AV kok ...
  • droidmania
  • droidmania's Avatar
  • OFFLINE
  • Junior Android
  • Posts: 20
  • Karma: 2

ZTE V9 light
CSL Mi 320
The administrator has disabled public write access.

Re:Pengguna ZTE V9 light 3 years 6 months ago #61999

Quick Office 4

Quick Office Full Version ini saya gunakan untuk membuka file dokumen yang biasa saya dapat dari klien/rekan kerja. Selama ini sih kinerjanya OK-OK aja, termasuk untuk membuka file PDF, khusus untuk file PDF, saya prefer pakai quick office karena setelah membandingkan kemampuannya dalam menangani PDF berukuran diatas 15MB. sebagai pembanding adalah adobe PDF reader dan beberapa PDF reader yang ada di market.

Sebenarnya ada quick office HD yang memang diperuntukkan bagi android tablet, sayangnya hanya berjalan di OS Gingerbread, jadi saya harus puas dengan Quick Office yang ini

Link dibawah ini merupakan link aplikasi full version.


Link download : Quick office Full Version
  • droidmania
  • droidmania's Avatar
  • OFFLINE
  • Junior Android
  • Posts: 20
  • Karma: 2

ZTE V9 light
CSL Mi 320
Last Edit: 3 years 6 months ago by droidmania.
The administrator has disabled public write access.

Re:Pengguna ZTE V9 light 3 years 6 months ago #62210

ikutan gabung n nyimak om...
  • yudiero12
  • yudiero12's Avatar
  • OFFLINE
  • Fresh Android
  • Posts: 1
  • Karma: 0
The administrator has disabled public write access.
Moderators: Aldo Bro
Time to create page: 0.427 seconds