Pencarian

Welcome, Guest
Username: Password: Remember me

TOPIC: [INFO] Cara Upgrade Nexian Journey - UPDATED

[INFO] Cara Upgrade Nexian Journey - UPDATED 3 years 3 months ago #23428

Ane cuman mau share kepada drods semua disini cara upgrade Juned dari standart (donat atau eclair) ke froyo atau ROM lain

Metode-metodenya adalah sebagai berikut..

1.Metode Stand Alone yaitu memflash ponsel dari ponsel itu sendiri, dan untuk file ekstensi yang bisa di gunakan adalah ZIP.metode ini biasa digunakan untuk memflash ROM cynogenmod.

2.Metode RUT/SUT untuk cara ini kita membutuhkan bantuan aplikasi SUTLR/RUT, dan file ekstensi untuk flashing dengan cara ini adalah *.nb0.

Sebelum melakukan proses flashing mohon diperhatikan beberapaha hal ini.

1.Jika masih menggunakan Donat silakan upgrade dulu ke eclair baru diupgrade ke froyo untuk menghindari eror yang mungkin terjadi (misalnya imei ngaco, sinyal ngga ada dll).
2.Jika Sudah menggunakan eclair bisa langsung di upgrade ke froyo.
3.Untuk flashing dari donat ke eclair disarankan menggunakan metode SUTLR.

untuk upgrade donat ke eclair bisa dilakukan sendiri atau kalo pengen aman silakan bawa ke nexian service centernya, selama masih garansi akan diupgrade dengan gratis..

Kebetulan ane share upgrade dari eclair ke froyo, karena juned ane beli pertama udah eclair, tapi dari beberapa referensi yang ane baca dan hasil tanya sana sini sejatinya sama ajah dari donat > eclair > froyo ataupun dari eclair ke froyo dapat dilakukan dengan metode ini.

Ane dah berhasil upgrade dari éclair ke froyo dengan metode SUTLR (metode ini dapat digunakan untuk file yang berekstensi *.nb0), ane milih metode ini karena terbilang gampang,ngga ribet dan ngga makan waktu banyak, paling lama 10 menit.Metode ini ane ambil dari beberapa sumber yang ane baca dan udah ane terapin di journey ane , mungkin dikit ajah ane tambahin kok biar mudah di mengerti. Baca dan ikuti instruksi satu persatu dengan seksama.

METODE SUTLR

Yang kudu di inget kalo upgrade ke froyo
1.Berani memulai :laugh:
2.Garansi dipastikan hangus jadi silakan cari rom originalnya dulu biar gampang kalo mo garansi
3.Resiko hape mati, tapi kemungkinan ini kecil sekali kok.
4.Batre Hape dan laptop pastikan full (ane upgrade pake laptop) menghindari listrik mati
5.Back up semua data yang sekiranya penting
6.Disarankan tidak menggunakan memori bawaan krn sering eror, yang disarankan gunakan yang class 4 ke atas,kalo pun masih menggunakan class 2 silakan saja no problem. (untuk mengecek class berapa memori kita silakan gunakan sdcard speed test, silakan comot di pasar)
7.Ekstak semua aplikasi dan ROM yang udah didownload.
8.Semua resiko di tanggung oleh penumpang yah…Anda sudah di ingatkan..

Aplikasi Flashing

1.Driver Driver Atau Disini
2.SUTLR 1.7 SUTLR v1.7.0 Atau Disini

ROM

1.Apanda ROM Froyo versi pertama, nah yang ini yang terbaru versi updatenya Versi Terbaru
2.Bakpia coklat 2.2.1 Rev 1 Disini untuk reviewnya radithtux bakpia 2.2.1
3.Bakpia coklat rev 2 (stable) Di sini
4.ROM ORI Milik Brother TJ Style Disini
Pass : sobir.in atau TJ Style Official Blog
5.ROM lain main disini
6.LINK ROM DLL by MASBRO GEMASA


Yang perlu disiapin :
1.Driver untuk os anda
2.Software SUTLR v1.7.0
3.Rom

Berikut langkah-langkah yang harus dipersiapkan:

1. Pastikan anda menggunakan OS Microsoft Windows apa saja, ane sendiri mengerjakannya pake Windows 7-32 bit.

2. Pastikan driver dari Nexian A890 telah terinstall dengan baik, untuk mengindari kegagalan saat melakukan flashing. NOTE: ingat driver yang anda install harus sesuai dengan OS anda, apabila menggunakan Windows 32 bit maka gunakan driver yang x86, dan apabila Windows 64 bit maka gunakan driver x64.

3. Berikutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh SUTLR v1.7.0. Dan meng-install aplikasi tersebut. (saat kita melakukan instalasi SUTLR sudah secara otomatis menginstal driver, namun jika kompi atau lepi meminta driver, bisa mengupdate driver dari device manager dan mengarahkan ke folder dimana kita menyimpan driver tadi).

4. Unduh ROM yang diinginkan dan ekstrak dengan winzip atau rar. Sehingga muncul file yang bekekstensi *nb0, karena metode SUTLR ini hanya bisa digunakan untuk file yang berekstensi tersebut tadi.

5. Persiapkan Nexian Journey anda, matikan terlebih dahulu, dan hidupkan kembali dengan menahan 3 tombol sekaligus [tombol tutup telpon (tombol Merah)+ Volume Up + Power] dan anda akan masuk ke dalam Download Mode.

6. Colok kabel data pada Nexian dan hubungkan dengan komputer anda. Biarkan komputer anda mengenali device anda, apabila komputer anda meminta driver lagi, pilih untuk install anda, dan arahkan pada driver Nexian yang telah diunduh tadi (android_usb.inf)

7. Jalankan program SUTLR yang telah ter-install tadi, klik Next sampai anda sampai pada Jendela yang meminta untuk memasukkan Firmware anda , lalu arahkan ke drive dimana anda menyimpan ROM tadi (ROM harus berekstensi *.nb0), setelah itu muncul select box, pilih update option -> Erase user data

8. Apabila aplikasi SUTLR telah mendeteksi Nexian Journey anda, maka tekan tombol Next dan proses flashing ROM dimulai NB: Jangan pernah cabut kabel data dari Journey anda pada saat proses flashing berlangsung

9. Tunggu beberapa menit, sampai dengan proses selesai, dan akan me-reboot device anda (proses dari reboot ke mode phone emang agak lama jadi silakan tunggu dengan sabar, kalo udah berhasil loading nanti akan keluar setup wizard).

10. Anda telah berhasil menginstall Froyo (2.2) pada Nexian Journey anda

Ane dah ngikuti semua proses diatas dan berhasil dengan baik, bagi rekan2 yang udah nyoba silakan share disini hasilnya gimana.Bagi yang mau nambahin atau koreksi dengan senang hati yang penting sopan dan no offense, semua bisa dibicarakan..hehehe :laugh:

Dan apabila ada pertanyaan akan ane jawab semampu ane, karena ane juga lagi belajar juga :laugh:

Semoga Berhasil...

Problem And Solving

1. Biasanya setelah upgrade kadang ga bisa konek ke internet, ini dikarenakan apnnya hilang, namun hal ini bisa diakali dengan seting manual atau dengan instal aplikasi asisten apn..
2. Untuk ROOTing bisa pake aplikasi Z4ROOT versi 1.3,yang ini dah include super user.(sudah di uji di handset ane en work perfectly)
3. Biar bisa mindahin aplikasi ke sdcard bisa pake APP2SD yang ada di market dan Modinstaller (kalo ini ngga ada dimarket)
4. Jika setelah upgrade gogle aplikasinya ilang di coba untuk wipe/factory reset, bisa dari menu setting, bisa dari recovery mode, apabila ternyata tetep ga ada nanti akan saya coba carikan caranya. Bagi yang sudah bisa silakan share disini cara lengkapnya, biar nanti ane taroh di peg one....
5.Atau aktivasi a2sd/app2sd dengan recovery ANDRO-ID (caranya ada di bawah)
6.Apabila google apps nya tidak muncul setelah upgrade ke froyo silakan baca tutorial instalasi google app (cara ada di bawah)




Bagi yang belum terinstal recovery ANDRO-ID milik brader tj style ini ane share yang udah ane lakukan di froyo ane..

Fungsinya :
1.Untuk Partisi Sd card
2.Aktivasi a2sd/app2sd(menyimpan aplikasi di sdcard)


Bahan :

1. A688 Tools
2. Driver
3. ANDRO-ID_Recovery.img Tj Style

Yang harus diingat bahwa saat melakukan instalasi ANDRO-ID bahwa bisa saja aplikasi dan isi dari sdcard bakal ilang, maka sebaiknya di backup dulu isi dari memori brader semua ke kompi..Kalo untuk back up aplikasi ane terus terang ngga tau, ane cuma pake appsaver trus ane save ajah apk-nya yang ada dimemori card ke kompi..hehehhe..mungkin ada cara yang lebih canggih?? Silakan di bagikan ilmunya..
Untuk bahan-bahan instalasi
1.A688 Tools
2.Driver
3.ANDRO-ID_Recovery.img Tj Style
4.Usahakan tidak memkai memori bawaan, karena sering eror..pakai memori yang class 4 ke atas kalo bisa biar maknyus..

Cara berikut ane lakuin pake lepi os win7-32bit

1. Extract A688 tools serta install drivernya dengan benar (instal driver melalui device manager laptop, dan arahkan ke folder dimana kita menyimpan driver tadi). Pastikan driver terinstal dengan baik melalui device manager,karena jika driver tidak terinstal maka dijamin ga akan sukses instalnya. Ini dah pernah ane alamin sendiri, stuk di command prompt.

2. File ANDRO-ID_Recovery image dan simpan di dalam folder a688 tools. (Jangan masukkan dalam folder lain)

3. Kondisikan handphone dalam keadaan Fastboot Mode lalu colok kabel data ke pc/laptop
Fastboot Mode = hang up/tombol merah + vol down + power

4. Buka folder A688 tools pilih/double-click file dos_console
maka layar PC/Laptop akan tampil command prompt
ketik adb kill > enter sebanyak 2x lalu
ketik fastboot flash recovery ANDRO-ID_Recovery.img tekan "enter"
proses ini hanya sebentar saja
apabila berhasil akan muncul keterangan
sending ‘recovery’ ........okay
writing ‘recovery’………okay
setelah itu ketik fastboot reboot "enter"

(Apabila dalam commad prompt masih tertulis ‘waiting for device’ berarti driver belum terinstal dengan baik..)


PARTISI,ROOT DAN AKTIVASI APP2SD Via ANDRO-ID RECOVERY (bagi yang udah terinstal ANDRO-ID)

1.HP masuk kedalam Recovery Mode
Recovery Mode = tekan tombol camera + vol up + power
2.Pilih wipe data/factory reset
3.wipe cache partition
4.Pilih Advance
5.Partition SD Card
6.Ext Size pilih 1024M atau jika ada yang terbesar.
7.Swap size pilih 128M atau 256M, atau pilih yang terbesar terserah saja
8.Pilih Enable Root
9.Pilih Generic A2SD
10.reboot system now ...
lama nih prosesnya sampe ke tahap HP idle.
11. install Quick System Info (kalo belom punya silahkan download di Market) nanti bisa dilihat hasilnya di tab Basic Info di bagian A2SD storage akan terlihat angka-angka, kalo gagal atau masih standard maka adanya tulisan "Information not available"

Warning Semua kegiatan tersebut dapat menghapus semua data yang ada di memori card maupun di ponsel, dianjurkan untuk mem-backup semua data di lepi atau kompi masing2..

ROOTing dengan Z4ROOT
Test on my froyo official Apanda.

Z4ROOT

1.Unduh Aplikasi Z4ROOT 1.3
2.Pindahkan Z4ROOT.apk ke sd card
3.Instal Z4ROOT
4.Pilih Permanent ROOT
5.Reboot
6.Jika Root berhasil maka akan keluar Icon Super User
7.Klik super user

CARA INSTALASI GOOGLE APPS

Google Apps

1.Masukkan gogle apps ke dalam sdcard, bukan didalam folder
2.Masuk recovery mode
3.Pilih "Instal zip from sdcard"
4.Pilih "choose zip from sd card"
5.Pilih "instal gapps...."
6.Setelah keluar keterangan "instal from sdcard complete"
7.Klik back dan pilih "reboot system now"
8.Dan sukses semua aplikasi google ada di ponsel kita..

METODE STAND ALONE

1.Untuk metode ini file yang diflash adalah ZIP.
2.Instalasi recovery clock work atau ANDRO-ID by TJ.Style. Untuk cara tersebut di atas.
3.Untuk cara Flashing nya sendiri sama dengan cara instalasi Google apps, hanya bedanya yang kita instal adalah ROM yang berekstensi ZIP.

CARA INSTALASI ANDRO-ID BREM MENGGUNAKAN MODE STAND ALONE
Proses ini ane lakuin dari ROM phantom 2.25 yang udah udah ane suntik ANDRO-ID Recovery

1.Masuk mode recovery.
2.Wipe data
3.Instal ZIP from sd card
4.Choose zip from sd card
5.Instal BREM
6.Setelah itu keluar keterangan instal from sdcard complete
7.Aktivasi A2SD
8.Reboot system now

(untuk masuk ke setting wizzard brem terbilang cukup lama, jadi silakan sabar menunggu)
Berikut mode2 dalam android

Recovery Mode: Vol_Up + Camera + Power
Download Mode: Hang_Up + Vol_Up + Power
Master Reset: Hang_Up + Camera + Power
Fastboot Mode: Hang_Up + Vol_Down + Power
FTM Mode: Vol_Up + Vol_Down + Power
Hang_up = End_call

Charger en pengganti kabel data
Alternatif Silikon Journey
Info Troubleshooting
Pembahasan Tentang Game dan aplikasi
Pembahasan tentang ROM froyo Bakpia dan lain2
PC Suite Journey
Jika IMEI Hilang
Cara kawin brem&keju
BOOT.IMG BREM



-YANG SUDAH MENCOBA MOHON REVIEWNYA, MARI KITA BERBAGI ILMU DISINI-

:woohoo: SEMOGA BISA MEMBANTU REKAN-REKAN SEMUA :woohoo:

BIG THANKS TO :

Warning: Spoiler! [ Click to expand ]





:laugh: :laugh: :laugh: :laugh: :laugh: :laugh: :laugh: :laugh: :laugh:
  • funtracker
  • funtracker's Avatar
  • OFFLINE
  • Moderator
  • Junior Member [No PM]
  • Posts: 1264
  • Thank you received: 14
  • Karma: 59
Last Edit: 2 years 11 months ago by funtracker.
The administrator has disabled public write access.

Re:[INFO] Salah Satu Cara Upgrade Eclair ke Froyo 3 years 3 months ago #23567

gan metode ini bisa digunakan untuk nexian journey yg masih donut gk ??
pa kudu upgrade ke eclair dulu ??
  • aLrezdroid
  • aLrezdroid's Avatar
  • OFFLINE
  • Junior Boarder
  • Posts: 21
  • Karma: 0
The administrator has disabled public write access.

Re:[INFO] Salah Satu Cara Upgrade Eclair ke Froyo 3 years 3 months ago #23650

harusnya langsung ke froyo ga ada masalah gan, tapi lebih baek kalo ke eclair dulu, biar bisa ngrasain bedanya :)
  • dunk2
  • dunk2's Avatar
  • OFFLINE
  • Fresh Boarder
  • Posts: 10
  • Karma: 0
========-.-========
HH : SE Xperia X10 Mini Pro - Eclair Rooted
HH : Nexian Journey A890 - Froyo Rooted
The administrator has disabled public write access.

Re:[INFO] Salah Satu Cara Upgrade Eclair ke Froyo 3 years 3 months ago #23733



Hand made dibuat pake stiker yang dijual di toko2 stiker :laugh: :laugh:

Kalo gambar ga muncul
Custom Back
Custom Front
Attachments:
  • funtracker
  • funtracker's Avatar
  • OFFLINE
  • Moderator
  • Junior Member [No PM]
  • Posts: 1264
  • Thank you received: 14
  • Karma: 59
Last Edit: 3 years 2 months ago by funtracker.
The administrator has disabled public write access.

Re:[INFO] Salah Satu Cara Upgrade Eclair ke Froyo 3 years 3 months ago #23776

akhirnya froyo super user juga :laugh:
  • funtracker
  • funtracker's Avatar
  • OFFLINE
  • Moderator
  • Junior Member [No PM]
  • Posts: 1264
  • Thank you received: 14
  • Karma: 59
The administrator has disabled public write access.

Re:[INFO] Salah Satu Cara Upgrade Eclair ke Froyo 3 years 3 months ago #23885

oh gitu ya...kalo caara ne bisa gk buat upgrade eclair..?
jurni ane masi donut gan soalnya,..hhehehe :)
  • aLrezdroid
  • aLrezdroid's Avatar
  • OFFLINE
  • Junior Boarder
  • Posts: 21
  • Karma: 0
The administrator has disabled public write access.
Time to create page: 0.530 seconds

Tips Terpopuler

Apr 01, 2014

Live Wallpaper Unik Untuk Android Nexus 5

Live wallpaper adalah cara paling sederhana untuk…
Apr 17, 2014

Tips Kenali Aplikasi Berbahaya Pada Android

Android merupakan salah satu OS yang populer saat…